45 Pegawai Puskesmas Kabupaten Banyuwangi Ikuti Diklat Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)

Sebanyak 45 pegawai  perwakilan puskesmas  di wilayah Kabupaten Banyuwangi diberikan pendidikan dan pelatihan (diklat) untuk meningkatkan kinerja  dalam pengelolaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Kegiatan ini dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Banyuwangi dengan pola kemitraan BPSDM Propinsi Jawa Timur. Kegiatan ini berlangsung tanggal 17-20 Juni 2019, di Gedung Diklat Pegawai Negeri Sipil, Licin, Banyuwangi.

Diklat bendahara ini diselenggarakan dengan maksud untuk menambah pengetahuan pegawai puskesmas sehingga dapat menjalankan etika profesi bendahara, mampu dalam menyusun pembukuan dan pelaporan pertanggung jawaban keuangan tentang dana kapitasi Jaminan Kesehatan Nasional, serta mampu dalam tata cara mengelola dan memanfaatkan dana kapitasi JKN.

Penyelenggaraan Diklat Bendahara Jaminan Kesehatan Nasiona Tahun anggaran 2019 ini dilaksanakan melalui pola ceramah dan tanya jawab. Selain itu ada juga pola curah pendapat atau Brain Stoarming, diskusi kelompok, bermain peran dan FGD (Forum group discussion).

Para Widya Iswara menyampaikan materi yang disampaikan terdiri dari materi mengenai pengelolaan dana kapitasi menurut perpres 32/2014, permenkes 21/2016 dan Surat Edaran (SE) Mendagri 900/2280/SJJ, tugas dan tanggungjawab, permasalahan dalam pengelolaan keuangan  dana kapitasi JKN bagi Puskesmas, pengawasan dan pencegahan korupsi dan tindak pidana korupsi pengelolaan dana JKN, akuntansi berbasis akrual, perpajakan pada dana kapitasi, pre test, post test dan ceramah umum jam pimpinan.

Para peserta diklat diharapkan agar mengikuti kegiatan diklat ini dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab. Sehingga melalui diklat ini dapat mencetak Sumber Daya Manusia yang mampu melaksanakan tugas dan fungsi pengelolaan Dana Kapitasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku, yang pada akhirnya dapat membantu meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Setelah mengikuti diklat ini peserta pun merasa senang dan antusias. “Saya merasa mendapat pencerahan dan pengalaman baru, mengetahui tentang cara mengelola dana kapitasi JKN yang baik dan benar serta bisa dipertanggungjawabkan”, Komentar Khusnul salah satu peserta diklat.

198 Views

Post Author: biakes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *