Pembentukan Kader Rematri Si Jari Merah di SMP dan SMA sederajat

Keadaan kesehatan dan gizi kelompok usia 10-24 tahun di Indonesia masih memprihatinkan. Data riskesdas tahun 2013, menunjukkan bahwa prevalensi anemia pada wus usia 15 tahun keatas sebesar 22,7%, sedangkan pada ibu hamil sebesar 37,1%. Sedangkan prevalensi anemia di Banyuwangi tahun 2018 mencapai 18,9%. Rematri pada masa pubertas sangat berisiko mengalami anemia gizi besi yang disebabkan banyaknya zat besi yang hilang selama menstruasi serta diperburuk dengan kurangnya asupan zat besi yang sangat dibutuhkan tubuh untuk percepatan pertumbuhan dan perkembangan.

Untuk menekan peningkatan anemia pada rematri, maka pemerintah memiliki program pemberian tablet tambah darah untuk rematri. Menindaklanjuti hal tersebut, Selasa (06/08) Dinas Kesehatan Banyuwangi bekerjasama dengan Nutrition International mengadakan kegiatan Pembentukan Kader Remaja Putri dalam rangka Pemberian Tablet Tambah Darah untuk SMP sederajat dan SMA sederajat.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 183 peserta yang terdiri dari 45 orang siswi SMP dan SMA sederajat, 45 orang pengelola program UKS, 45 orang petugas gizi puskesmas, 45 orang pengelola obat puskesmas, serta 3 orang Lintas Sektor yakni Kementerian Agama Banyuwangi, Cabang Dinas Banyuwangi, dan Dinas Pendidikan Banyuwangi.

Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Banyuwangi, dr.Indah Sri Lestari, M.MRS. Beliau menyampaikan bahwa Pemerintah Indonesia menanggulangi anemia melalui program Pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) melalui institusi sekolah. Oleh karena itu, Dinas Kesehatan Banyuwangi yang terkenal akan slogan Si Jari Merah (Generasi Remaja Putri Merdeka dari Kurang Darah) membentuk kader rematri di sekolah untuk dapat meningkatkan konsumsi Tablet Tambah Darah pada rematri di Banyuwangi.

Di akhir sambutan sekretaris dinas beliau mengucapkan terimakasih kepada kementerian agama banyuwangi dan cabang dinas pendidikan banyuwangi karena telah memberikan support kegiatan pemberian TTD di SMP dan SMA sederajat.

175 Views

Post Author: kesga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *