Pertemuan Pemberdayaan KPASI (Kelompok Pendukung Air Susu Ibu) dalam Rangka Memperingati Pekan ASI Sedunia (PAS)

Setiap minggu pertama bulan Agustus setiap tahun diperingati sebagai “World Breastfeeding Week” atau “Pekan ASI Sedunia” untuk meningkatkan kesadaran semua pihak akan pentingnya ASI bagi bayi, sehingga ibu menyusui perlu memperoleh dukungan dari semua pihak.

ASI (Air Susu Ibu) merupakan makanan utama dan pertama untuk awal kehidupan bagi bayi yang baru dilahirkan. Kekurangan gizi pada periode emas 1000 hari kehidupan yaitu sejak janin sampai anak berumur dua tahun akan memengaruhi perkembangan fisik dan juga kecerdasan anak (Kemenkes RI, 2014). Salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak adalah pemberian ASI eksklusif.  Pemberian ASI eksklusif memegang peranan penting dalam pembangunan manusia yang berkualitas.

Salah satu bentuk dukungan untuk ibu menyusui memberikan asi eksklusif pada bayi yakni dengan adanya KPASI (Kelompok Pendukung Air Susu Ibu). KPASI yang ada di Dinas Kesehatan Banyuwangi memiliki julukan KPASI “sahabat” yakni sehat hebat hemat. Tepatnya pada hari Rabu (25/9) masih dalam rangka memperingati Pekan ASI Sedunia (PAS), Dinas Kesehatan Banyuwangi mengadakan Pertemuan Pemberdayaan Kelompok Pendukung ASI dengan tujuan untuk mengevaluasi KPASI yang ada di wilayah UPTD Puskesmas se-Banyuwangi.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan 1 orang dari IDI, IBI, Persagi, TP PKK Banyuwangi, PC Fatayat NU, PD Aisyiyah, serta 20 motivator ASI yang didampingi oleh petugas gizi puskesmas yang ada di wilayah UPTD Puskesmas di Banyuwangi. Motivator-motivator ASI tersebut dievaluasi dengan cara mereka memberikan paparan mengenai KPASI yang ada di wilayah mereka serta mempraktikkan cara penyuluhan tentang ASI eksklusif. Selain itu, para motivator ASI tersebut juga memaparkan inovasi-inovasi terkait ASI eksklusif yang ada di masing-masing wilayah, misalnya inovasi dari KPASI Puskesmas Kembiritan adalah MAMA ITU PENTING (Bersama-sama Memberikan ASI untuk Pencegahan Stunting), inovasi dari KPASI Puskesmas Bajulmati adalah SICARMUK (ASI Lancar dengan Daun Katuk), inovasi dari Puskesmas Gladag adalah KAMPUNG ASI.

 

 

264 Views

Post Author: kesga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *