Selenggarakan Workshop tuk tingkatkan pemahaman konsep Manajemen Puskesmas

Dalam rangka peningkatan pemahaman dalam penyusunan Rencana Usulan Kegiatan (RUK) dan Rencana pelaksanaan kegiatan (RPK), Dinas Kesehatan Banyuwangi melalui Bidang Pelayanan Kesehatan diselenggarakan Workshop manajemen Puskesmas pada jajaran struktural Dinas Kesehatan banyuwangi (Senin, 07/01/19)
.
Pada kegiatan sosialisasi tersebut narasumber yakni Ratna Dwi Wulandari dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga Surabaya menyampaikan Konsep Manajemen puskesmas dan Penyusunan RUK dan RPK.

Ia menyampaikan langkah awal dalam menyusun perencanaan dengan menganalisa penyebab masalah, apabila penyebab masalah telah diketahui maka akan lahir solusi dari penyebab masalah tersebut, maka rencana kegiatan akan tersusun dengan baik, ungkapnya.

Metode dalam memecahkan masalah tidak dipatenkan menggunakan pada suatu metode, tetapi untuk menganalisa masalah dapat menggunakan metode yang secara mendalam dapat mengulas sampai menemukan solusi dengan melihat analisa data dan analisa lapangan.

Diselenggarakannya kegiatan Workshop manajemen Puskesmas bertujuan agar Dinas Kesehatan selaku Pembina puskesmas dapat memahami konsep rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) dan Rencana Strategi (Renstra), memahami konsep manajemen Puskesmas dan memahami proses penyusunan RUK dan RPK dengan Basis Data PISPK.
kegiatan ini akan berlangsung 2 hari pada 7 -8 Januari 2019 dengan peserta workshop yakni Dinas Kesehatan dan Puskesmas.

228 Views

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *