Rabu, 31 Okt 2018, 14:25:01 WIB, 96 View Administrator, Kategori : Daerah

Pertemuan Lintas Sektor terkait Pencanangan Banyuwangi ODF ( Open Defecation Free) / Bebas dari Buang Air Besar Sembarangan tahun 2019 dilaksanakan di Aula Minakjinggo, Pemda Banyuwangi (Selasa, 30/10/18). Pertemuan tersebut dibuka oleh Asisten Administrasi Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat Iskandar Aziz S.H., M.M, dan dihadiri Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat dan Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi.

Asisten Administrasi Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat Banyuwangi, Iskandar Aziz S.H., M.M mendorong lintas sektor untuk bersinergi dan bekerjasama untuk mencapai Banyuwangi ODF tahun 2019.

“Dalam menuju Banyuwangi ODF (Open Defecation Free) ini merupakan tugas kita bersama, perlu adanya sinergitas dari lintas sektor dan kerja berbarengan untuk mencapainya”, pungkasnya.

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dalam menuju Banyuwangi ODF 2019 telah melakukan berbagai upaya dan kegiatan yaitu Gerakan Kali Bersih, Festival Toilet Bersih / Jeding Rijig, pembentukan Relawan Guru dan Pemuda Tanggap dan Peduli Lingkungan, penyediaan jamban di sekolah, tempat wisata dan fasilitas umum lainnya.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Banyuwangi, dr. Juwana S.N, menyamppaikan dalam paparannya, “prosentasi Desa/Kelurahan yang telah menggunakan jamban dan bebas dari Buang air Besar Sembarangan sebanyak 90.99% atau 167 Desa / Kelurahan sudah ODF dan tersisa 0.9% atau 50 Desa / Kelurahan yang belum ODF tersebar di 11 Kecamatan .

Pada peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2019 mendatang, diharapkan masyarakat Banyuwangi terbebas dari perilaku Buang Air Besar Sembarangan.





Tuliskan Komentar