Pendampingan Bumil Risti oleh Lansia melalui Pelangi Hati

Pagi-pagi, nenek Yatimah sudah rapi dan bersiap mengantarkan menantunya ke Puskesmas untuk memeriksakan kehamilan. Nenek Yatimah adalah salah satu kader lansia yang diberdayakan untuk mendampingi ibu hamil resiko tinggi melalui Program Pelangi Hati yang dilaksanakan di Puskesmas Bajulmati.

Puskesmas Bajulmati terletak di utara Kabupaten Banyuwangi, sebagian wilayah memiliki akses yang sulit menjangkau sarana kesehatan. Pada tahun 2018 ada 1 kematian Ibu hamil, disebabkan terlambat melakukan rujukan. Masih kuatnya pengaruh keberadaan orang tua, berdampak pada lambatnya rujukan karena terlambat mengambil keputusan. Selain itu faktor tingkat pendidikan yang rendah(sebagian besar lulus SD), berdampak pada kurangnya pengetahuan dan tingginya angka kemiskinan. Beberapa wilayah memiliki kondisi geografis berbatasan hutan , serta jarak Puskesmas ke RS rujukan sekitar 30 kilometer.
Dengan jumlah lansia produktif yang semakin besar/meningkatnya usia Harapan Hidup, maka PKM Bajulmati berupaya memberdayakan lansia dalam mendampingi ibu hamil resiko tinggi, sehingga bila ada kasus yang perlu rujukan diharapkan lebih mudah pendekatannya. Kegiatan pemberdayaan lansia tahap awal dilaksanakan di Desa Bajulmati.

15 Views

Post Author:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *