TALKSHOW “KEHAMILAN DI USIA REPRODUKSI SEHAT”

                          

Angka kematian ibu (AKI) menjadi salah satu indikator penting dari derajat kesehatan masyarakat. karena sensitifitasnya terhadap perbaikan pelayanan kesehatan, baik dari sisi aksesibilitas maupun kualitas. Upaya percepatan penurunan AKI dapat dilakukan dengan menjamin agar setiap ibu mampu mengakses pelayanan kesehatan ibu yang berkualitas, seperti pelayanan kesehatan ibu hamil, pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan terlatih di fasilitas pelayanan kesehatan, perawatan pasca persalinan bagi ibu dan bayi, perawatan khusus dan rujukan jika terjadi komplikasi, dan pelayanan keluarga berencana termasuk KB pasca persalinan. Ibu hamil dalam menjalankan perannya, tentunya membutuhkan pengetahuan  yang baik tentang kesehatan ibu dan anak, salah satunya pendidikan  ibu. Selain pengetahuan tentang kesehatan ibu dan bayi, ibu hamil juga wajib untuk mengetahui kesehatan reproduksi. Seorang ibu yang memiliki kesehatan reproduksi yang sehat bisa menurunkan angka kematian pada ibu dan bayinya

Maka dari itu, Dinas Kesehatan mengadakan talkshow kehamilan di usia reproduksi sehat. Kegiatan ini dilakukan selama 2 hari yaitu pada tanggal 04-05 maret 2020 dengan mengundanghadirkan 2 narasumber yakni dr Juwana selaku Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Banyuwangi dan dr.Erva Darmayanti, SpOG selaku dokter spesialis obgyn yang ada di Banyuwangi. Kegiatan ini dihadiri oleh 90 orang ibu hamil yang ada di Kabupaten Banyuwangi.

Kabid Kesmas dalam sambutannya menyampaikan bahwa diharapkan semua catin dapat mempersiapkan kehamilan dengan baik serta dapat menentukan pemilihan KB yang tepat sehingga dapat meningkatkan kualitas reproduksi seorang wanita. Kehamilan di usia reproduksi sehat dapat menghasilkan generasi yang sehat. Dengan menjaga kesehatan reproduksi dengan baik. Kita dapat meningkatkan angka harapan hidup di Indonesia serta membantu Indonesia untuk menekan angka kematian ibu, kematian bayi dan mencegah stunting.

561 Views

Post Author: kesga

1 thought on “TALKSHOW “KEHAMILAN DI USIA REPRODUKSI SEHAT”

    Yasril Azmi Yahya

    (10/04/2020 - 4:32 pm)

    bagus sekali acaranya. Memberikan pengetahuan juga bagi para calon ibu-ibu muda untuk mempersiapkan kehamilannya. Saran saya tolong diperhatikan! untuk pelayanan persalinanan tolong jangan hanya mengutamakan orang yang berduit saja, tetapi rakyat miskin juga harus di di utamakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 1 =