Virus Corona & Langkah – Langkah Mencegahnya

Sejak pertama kali dilaporkan tanggal 31 desember 2019 di Wuhan China, virus corona kini telah menyebar di sejumlah negara. Berdasarkan data dari Johns Hopkins CSSE, total kasus terkonfirmasi hingga tanggal 19 februari 2020 sebesar 75.193 orang, dengan kematian 2.009 orang dan pasien sembuh sejumlah 14.514 orang. Jumlah kasus kematian tertinggi terletak di daratan cina sebesar 2.004 orang, sisanya 1 kematian masing masing di Perancis, Hongkong, Jepang, Filipina dan Taiwan.

Virus corona sendiri ialah keluarga besar virus yang dapat menyebabkan penyakit mulai dari flu biasa hingga yang lebih parah seperti MERS-CoV (Middle East Respiratory Syndrome) dan SARS-CoV (Severe Acute Respiratory Syndrome). Sedangkan nCOV (Novel Coronavirus) ialah jenis baru yang belum diidentifikasi sebelumnya pada manusia. Dimana virus corona adalah virus yang dapat ditularkan antara hewan ke manusia. WHO telah memberikan nama untuk penyakit ini yaitu COVID-19. Penemuan nama penyakit ini didasarkan pada nama yang tidak merujuk pada lokasi geografis, seekor hewan, seorang individu ataupun kelompok, dan juga bisa untuk dilafalkan serta memiliki kaitan dengan penyakit yang sedang terjadi. Pemberian nama memiliki peran yang penting untuk mencegah penggunaan nama lain yang tidak akurat atau stigmatisasi. Hal ini juga memberikan WHO sebuah standar yang dapat digunakan apabila terjadi wabah virus corona di masa yang akan datang.

Kemungkinan penyebaran COVID-19 di negara Indonesia masih ada, karena virus ini telah menyebar hingga negara yang dekat dengan Indonesia yaitu Singapura. Menurut Kemenkes RI hingga 13 februari 2020, COVID-19 tidak ditemukan di Indonesia. Namun kementrian kesehatan telah melakukan upaya keras untuk mengantisipasi dan mencegah penyebaran penyakit ke Indonesia melalui pintu masuk negara. Sehingga sebagai warga Indonesia kita tidak perlu terlalu khawatir bahkan menyebarkan berita hoax mengenai penyakit ini. Sebagai upaya perlindungan terhadap COVID-19.

Berikut merupakan langkah – langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah terserang nCOV :
1. Sering cuci tangan dengan sabun dan air atau menggunakan antiseptik berbahan alkohol apabila tangan tidak terlihat kotor (Pastikan mencuci tangan secara teratur setelah menyentuk hewan maupun produk hewani)
2. Menjaga higienitas pernafasan dengan mennggunakan masker apabila sedang sakit, menutup mulut dan hidung apabila batuk dan bersin dengan tisu lalu segera buang tisu tersebut ke tempat sampah dan bersihkan tangan dengan sabun di air mengalir atau antiseptik berbasis alkohol
3. Menjaga jarak dengan orang lain yang sedang sakit terutama sedang batuk, bersin dan demam setidaknya 1 meter (tiga kaki)
4. Hindari menyentuh bagian mata, hidung dan mulut. Sebab tangan sering melakukan aktivitas yang menyentuh pada banyak permukaan sehingga dapat terkontiminasi virus
5. Jika mengalami demam, batuk dan kesulitan bernafas maka segera cari perawatan medis sejak dini
6. Menghindari konsumsi produk hewani yang mentah atau setengah matang
7. Menghindari kontak dengan hewan yang berpotensi terkontaminasi, hewan sakit, cairan tanah, fasilitas pasar yang berisiko terkontaminasi virus

Post by : Intan Ayu Kusuma Wardani

638 Views

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine − 6 =